Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Musim Kaleb Selesai Lebih Awal

Pasca Operasi Cedera ACL, Harus Absen 6 Bulan
DEBUT Kaleb Ramot Gemilang pada musim pertamanya di Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014, harus berakhir lebih awal. Baru setengah perjalanan, small forward Satya Wacana Metro LBC Bandung itu harus menepi karena dibekap cedera.
Kaleb divonis mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) lutut kanannya. Cedera itu terjadi ketika rookie bertinggi 183 cm itu bertanding melawan Stadium Jakarta pada seri IV di C-Tra Arena, Bandung
, 11 Maret lalu.
Manajemen Satya Wacana mengambil langkah cepat dengan mengirim Kaleb ke salah satu rumah sakit di Filipina untuk mendapatkan perawatan. Sejak Senin lalu, Kaleb sudah berada di Filipina.
Pada hari Rabu (19/3) lalu, Kaleb akhirnya naik meja operasi. Menurut prediksi, Kaleb baru bisa kembali pulih dalam waktu 6 bulan. Artinya, Kaleb sudah tidak mungkin bermain pada sisa laga musim reguler ini. Pupus juga harapannya untuk bersaing dalam perebutan gelar Rookie of The Yearmusim ini.
Serangkaian terapi pun harus ia jalani selepas operasi untuk mempercepat proses pemulihan. Kemungkinan besar dia baru bisa kembali tampil pada Preseason Tournament tahun depan.
Kehilangan Kaleb tentu kerugian besar bagi Satya Wacana, yang sangat berambisi lolos ke babak Championship Series. Baru tampil sebanyak 13 kali, Kaleb sudah membukukan 187 poin. Pada tujuh pertandingan terakhir ia juga rajin menciptakan double digit poin.
Tak hanya jago mengkonversi peluang menjadi poin, tenaga Kaleb juga diperlukan dalam melakukan rebound. Total 96 rebound ia ciptakan selama seri II Jakarta, seri III Solo dan seri IV Bandung.
”Absennya Kaleb jelas kehilangan besar bagi kami. Ketika dia fit, kami memiliki variasi senjata untuk mencetak angka. Kami bisa merotasi Respati Ragil,” papar Zaki Iskandar,manajer Satya Wacana.
Berada di peak performance dan harus mengalami cedera tentu hal yang tidak dinginkan oleh Kaleb. Meski demikian, Kaleb mengaku ada hikmah dibalik cedera yang ia alami. Mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Institut Teknologi Harapan Bangsa ini ingin segera menyelesaikan skripsinya.
"Basket memang penting bagi saya sebab telah menjadi bagian dari hidup saya. Namun, kuliah bagi saya juga penting. Maka itu, selama masa pemulihan ini saya ingin segera menyelesaikan skripsi," ujar Kaleb.
Cedera ACL, merupakan tipe cedera yang kerap dialami pemain basket profesional. Cedera ACL ini terletak di bagian dalam lutut. Umumnya, cedera ACL terjadi ketika sedang lari mendadak lalu berhenti kemudian berputar arah, sehingga menyebabkan lutut terpuntir atau lompat dan mendarat dengan posisi lutut terpuntir. Kaleb tak sendiri mengalami cedera ACL. Bintang Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta Andi Batam juga sedang berjuang untuk pulih dari cedera ini.   (*)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar